Subscribe:

Ads 468x60px

WordPress Dynamic Tag Heading

WordPress Dynamic Tag Heading - Seperti kita ketahui, penggunaan heading saangat penting untuk menunjaang seo on page blog kita, dalam hal ini adaalah penggunaan satu heading H1 saja pada setiap halaaman. Heading H1 dianggap penting oleh mesin pencari kaarena heading ini lah yang menunjukkan maana teks yang terpenting dalam suatu halaaman website atau blog.



WordPress Dynamic HEading



Secara default, wordpress menggunakan heading H1 untuk judul blog di semuaa halaman, hal ini kurang menunjaang dari sisi seo on page dimana kita akan mengoptimalkan judul artikel / post sebagai H1 ketika beraada di halaman artikel / post tersebut.



Diatas sudah disebutkaan bahwa heading H1 sebaiknya cukup satu saja, sehingga daalam kasus ini kita juga akan merubaah judul blog menjadi H2 ketika di halaman artikel dan kembali ke H1 di halaman selain artikel serta halaaman-halaman lainnya, so ini lah yang disebut tag heading (H1 dan H2) dinamis.



Heading Dinamis H1 dan H2 Untuk Judul Blog



Langkah pertama daalam membuat heading dinamis pada wordpress adalah melakukan perubahan pada header.php. Buka file tersebut daan cari kode yang menunjukkan heading H1 untuk judul blog, biasaanya kode tersebut adalah seperti ini :



<h1><a href="<?php echo home_url( '/' ); ?>"
title="<?php echo esc_attr( get_bloginfo( 'name', 'display' ) );
?>"><?php bloginfo( 'name' );
?></a></h1><p><?php bloginfo( 'description' );
?></p>

Perlu dicatat, tiaap theme berbeda tapi secara garis besar akan tampak seperti itu. Nah langkaah selanjutnya adalah melakukan pengecekan untuk menggunaakan heading H1 pada halaman depan dan menjadikannya H2 pada halaman artikel atau page.




Rubah kode tersebut dengan kode berikut ini :


<?php

    if ( is_front_page() ) { ?>

        <h1><a href="<?php echo home_url( '/' ); ?>" title="<?php echo esc_attr( get_bloginfo( 'name', 'display' ) ); ?>"><?php bloginfo( 'name' ); ?></a></h1><p><?php bloginfo( 'description' ); ?></p>

    <?php }    elseif ( is_single() or is_page() or is_category() or is_tag() or is_archive() ) { ?>

        <h2><a href="<?php echo home_url( '/' ); ?>" title="<?php echo esc_attr( get_bloginfo( 'name', 'display' ) ); ?>"><?php bloginfo( 'name' ); ?></a></h2><p><?php bloginfo( 'description' ); ?></p>

    <?php } else { ?>   

        <h1><a href="<?php echo home_url( '/' ); ?>" title="<?php echo esc_attr( get_bloginfo( 'name', 'display' ) ); ?>"><?php bloginfo( 'name' ); ?></a></h1><p><?php bloginfo( 'description' ); ?></p>

    <?php }

?>

Setelah itu save file header.php sobat. Langkah selanjutnya adalah merubah tag heading pada halaman artikel / post serta halaman page.



Heading Dinamis H1 dan H2 Untuk Judul Artikel




Untuk halaman posting / artikel, pengaaturan heading dll terletak di file single.php, silahkan sobat buka file tersebut. Kode yang menyaatakan heading untuk judul artikel kurang lebih seperti ini
<h2><?php the_title(); ?></h2>

Cukup ganti h2 dengan h1 sehingga akan kode tersebut menjadi
<h1><?php the_title(); ?></h1>

Setelah save hasil perubaahan sobat. Lakukan hal yang sama untuk halaman page yang berada pada file page.php. Selesai deh oprek theme wordpress agar menjadi search engine friendly dengan tag heading dinamis.



Cara dan kode diatas masih bisa di explore lebih jauh, tergaantung selera sobat.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)