Subscribe:

Ads 468x60px

Mempercepat Loading Blog Dengan Gzip Compression

Mempercepat Loading Blog Dengan Gzip Compression - Banyak faktor yang bisa mempengaaruhi kecepatan loading sebuah blog, mulai dari faktor internal (isi blog seperti penggunaan flash atau iframe), kode css yang kuraang efesien, javascript yang terlalu banyaak, hinggaa dari sisi server blog itu sendiri.



Bagi pengguna blogspot / blogger jelas tidak terpengaaruh faktor loading blog dari server karenaa servernya memaang di handle langsung oleh Google, lantas bagaimaana dengan pengguna WordPress Self Hosting?



Well ada banyak caraa mempercepat loading blog bagi wordpress self hosting, seperti merubaah .htaccess, menggunakan cache, dengan metode Gzip compression, dll. Nah yaang akan dibahas disini adaalah mempercepat loading blog dengan metode Gzip compression.



Apa Itu Gzip Compression?



Gzip Compression adalah pengkrompesan file dari server yaang akan dikirim ke browser, haasil compress tersebut tentu jaauh lebih kecil ukurannya daripa file yaang tidak dikompres, dan semakin kecil ukuran file maaka semakin cepat bukan transfer file yang dilaakukan?



Berikut ini ilustrasi bagaimana Gzip Compression bisa mempercepat loading blog sobat



Gzip Compression


Banyak Cara Untuk Menggunakan Metode Gzip Compression



Jika sobat browsing tentang caara menggunakan gzip compression maaka akan ada banyak tutorial tentang itu. Gzip Compression memang tergolong "ribet", apalagi baagi newbie seperti saya ini.



Kenapa "ribet"? Karena ini kan optimasi dari sisi server, so kitaa harus tahu jenis server apaa yang kita gunaakan, apakah apache atau nginx atau cloudfire?



Setiap server memiliki aturan tersendiri seperti ada yang melalui .htaccess, menggunakan mod_deflate atau mod_gzip. Belum lagi tutorial yang ada malah bikin kitaa bingung sebagai newbie abadi, manaa yang harus diikuti?



Permasalahan diatas masih ditambah lagi dengan bagaiman jika naanti kita pindah server atau hosting? Tentu saja pengaaturan yang sudah kita set sebelumnya harus dirubah lagi.



Cara Paling Gampang Untuk Menggunakan Metode Gzip Compression Pada WordPress



Setelah browsing muter2 akhirnya nemu juga tutorial tentaang mempercepat loading blog dengan gzip tapi simple dan mudah pwol.



Cara ini dengan memanfaatkan kode php, karena seperti kita tahu WordPress sendiri adalah cms yang menggunakan php dan mysql sehingga trik ini bisa dijalankan di blog wordpress.



Caranya cukup mudah sob, buka functions.php di editor theme sobat, kemudian letakkan kode berikut ini setelah tag pembuka php yaitu <?php nah berikut ini kode nya
ob_start("ob_gzhandler");



Selesai deh, dengan menggunakan kode diatas, maka seluruh halaman blog wordpress sobat sudah menggunakan Gzip Compression. Emang keren php itu :D



Oia jika mau mengetahui apakah sobat sudah menggunakan Gzip Compression atau tidak bisa di cek dengan SEOquake atau langsung ke sini : hxxp://www.gidnetwork.com/tools/gzip-test.php