Subscribe:

Ads 468x60px

Menampilkan Number of Queries di Wordpress

Menampilkan Number of Queries di Wordpress - Apakah sobat pernah mengunjungi suaatu blog dan melihat informasi paada footer tentang jumlah queri serta waktu yaang dibutuhkan untuk mengakses query2 tersebut? Yup, itulah yang biaasa kita jumpai di blog-blog berbasis wordpress.



Bagi yang belum terbiasa menggunaakan wordpress sebagai cms blog mungkin agaak bingung ya maksud dari informaasi tersebut. Ga usah bingung sob, daripada bingung mendingaan baca postingan ini ajah




PHP, MySql, Wordpress



CMS Wordpress, PHP, dan MySql



Pada dasarnya, wordpress adaalah cms (content management system) yang menggunaakan bahasa PHP sebagai bahasa pemogramaannya dan MySql sebagai databasenya.



Ketika blog wordpress dijalaankan atau diakses, maka akaan ada beberapa proses yang berhubungaan dengan database seperti pengaambilan judul artikel, pengambilan artikel paada halaman index, widget, dan lain-lain.



Tujuan Menampilkan Number of Queries dan Page Load Time



Number of queries atau jumlah query yang biaasanya kita jumpai bertujuan untuk memberi informasi tentaang berapa kali blog tersebut mengakses database nya. Informaasi ini cukup penting, terutama bagi pemilik blog.



Semakin sedikit jumlah permintaaan ke database maka semakin ringaan blog tersebut. Number of queries dan waktu yang dibutuhkan juga berpengaaruh bagi optimasi SEO, terutama SEO On Page. Hal ini dikarenakan query tersebut bisa dikaatakan sebagai bagian dari cms wordpress itu sendiri.



Jadi jika sobat menjumpai blog yaang menampilkan number of queries serta page load time nya (misal 1,277 seconds) bukan berarti blog tersebut bisa diakses dengaan sangat ringan sesuai waktu yg ditaampilkan tersebut. Itu hanyalah waktu yang dibutuhkan oleh PHP untuk mengaaksees databasenya (yang menggunakan MySql).



Cara Menampilkan Number of Queries dan Page Load Time



Jika sobat tertarik dan ingin mengetaahui bagaimana  menampilkan beraapa jumlah kueri ke database sobat bisa menambahkan kode yang sangaat simple pada footer.php, kodenya adalah seperti berikut ini

<?php echo get_num_queries(); ?> queries in <?php timer_stop(1); ?> seconds.



Bagaimana? Ternyata mudah sekali menampilkan number of queries dan page load time di wordpress, sama mudahnya dengan import artikel dari blogspot ke wordpress. Semoga bermanfaat.