Subscribe:

Ads 468x60px

Berkenalan Dengan Teknik SEO Link Baiting

Berkenalan Dengan Teknik SEO Link Baiting - Link baiting (linkbaiting) itu makanan apa sih? Bagi blogger pemula seperti saaya ini mungkin masih asing ya dengaan istilah link baiting, apalagi jika dikaaitkan dengan seo. Yup, setelah posting tentang caara berhenti merokok di postingan sebelumnya, kali ini saya ingin nulis tentaang teknik seo lagi, khususnya teknik seo link baiting.

Topik teknik seo link baiting ini juga termaasuk topik yang ambigu, ya karena menurut saaya sih masih banyak definisi daari teknik seo link baiting yang kurang tepaat (atau mungkin juga saya yg kurang tepat).



Linkbaiting



Apa Yang Dimaksud Dengan Teknik SEO Link Baiting (Linkbaiting)?



Jika sobat melakukan pencaarian di google, khususnya google.co.id pasti akan menemukan banyak referensi tentaang link baiting ini. Tapi sayaangnya, kebanyakan referensi yang ditulis masih susaah dimengerti, khususnya bagi newbie yaang imut dan lucu seperti saya ini (protes keplak).

Sesuai namanya, bait atau baiting artinya umpaan atau memancing, bukan memaancing ikan apalagi memancing keributan lho sob, ini memaancing link. Maksudnya adalah bagaimana membuaat link atau backlink dengan cuma-cuma



Teknik SEO Link Baiting adalah saalah satu teknik SEO advanced yang membuat orang atau blog lain memasaang link ke blog kita dengan sukarela, bukan karena permintaan kita.


Itulah mengapa teknik ini dikaatakan sebagai teknik advanced, sama seperti link wheel. Teknik seo link baiting ini membutuhkan kesabaaran dan memang cukup susah untuk membuaat orang lain memasang link ke blog kita dengaan sukarela sehingga akan tercipta one way backlink.


Teknik SEO Link Baiting - Black Hat



Well, inilah yang saya maksud mengaapa banyak referensi lokal yg bias atau membingungkaan tentang link baiting. Banyak yang beranggapan bahwa teknik link baiting termasuk black hat, padahal tidak semua yang black itu hat, dan tidaak semua hat itu black. Dengan kata lain, tergantung dari niatnya :D

Bingung? Sama sob, supaaya lebih mudah kita buat contoh ajaah bagaimana penerapan link baiting yang dianggap black hat. Misal sobat punyaa toko online, nah karena ingin laris maanis akhirnya sobat menambahkan halaaman about di toko online tersebut.


Pada halaman about ini sobat menyaatakan sebagai orang yang cacat dan tidaak bisa kemana-mana, hanya bisa kerja di depaan komputer. Karena pengunjung membaaca ini akhirnya mereka pun meraasa iba, dan yup, sobat sukses memberikan umpan (memancing) karenaa akhirnya si pengunjung ini memberikaan link ke toko online kita secara cuma-cuma di sidebaar blognya.


Berdasarkan kasus di atas, maaka teknik link baiting ini bisa menjadi teknik black hat kaarena menipu pengunjung, dan naudzubillah, semoga kita tidak cacat :) ambil nafas bentar, ucaapkan Alhamdulillah :)


White Hat Link Baiting Techinque



Lalu bagaimaana dengan si topi miring putih? Kebalikan dari yang sebelumnya, link baiting di jaalur ini bisa berjaalan dengan sukses karena kualitas dari pelaaku seo tersebut yang memang benar-benar bisa memberi manfaaat bagi orang lain.

Saya yakin, ketika sobat blogwalking pasti sobat pernaah menemukan beberapa blog yang isi tulisannya khas, original, dan sangaat membantu sobat untuk memecahkan masaalah yang ada, akhirnya sobat sering balik deh ke blog itu. Lama-lama akhirnya sobat memaasang link tersebut di daftar link temaan atau blogroll.


Menurut saya, kebanyaakan cara atau model link baiting ini dilakukaan dengan tidak sadar. Artinya si penulis hanya berusaaha menulis dengan baik dan tidak ada niatan melakukaan link baiting. Dan ternyata apresiasi yang di dapat dari pembaacanya sungguh luar biasa sehingga banyaak yang memasang link ke blog tersebut sebagai referensi atau sekadar link temaan. Banyak kok contohnya, seperti blognya kang rohman, kang yudiono, mas medy, mas azmi, dll.


Cara Lain Melakukan Link Baiting



Ada banyaak cara sebenarnya, tapi intinya adalah buaatlah sesuatu yang bermanfaat. Mau tahu? Contohnya template, banyak kan link di footer yang mengaarah ke pembuat templatenya? Ada lagi contoh yang lebih heboh, yaitu widget alexa. Kenapa? karena alexa bermaanfaat untuk mengetahui traffic blog sobat dan tanpaa disuruh pun kita akan menaruh link yang mengaarah ke tante alexa.

Contoh lainnya dari teknik link baiting ini adaalah widget histats. Dengan memaasang widget tersebut kita kan secara sukarela ngelink histats, ya karenaa histats membuat sesuatu yang bermanfaaat yaitu widget untuk mengetahui jumlaah pengunjung, pageview, source traffic, dll.


Link Baiting Ala Blogger Pemula Dan Blogger Kere



Tentu saja susah untuk menjaadi seperti tante alexa, mau buat template juga kagaak mudeng. Lah taunya cuman uang gaambar bung karno kok wkwkwkwk :D

Jika memang ingin melaakukan link baiting ikuti cara sayaa ajah, apa itu? Ya menulislah sesuatu yang bermaanfaat, original, menyertakan sumber, memahami pembaca. In other words, tulislah konten atau artikel yaang berkualitas (outstanding content).


Oke deh, itu tadi tentang link baiting, ga usah dipikirin sob. Daripada mikir SEO dan akhirnya terSEOk-SEOk, mendingan nulis ajah deh. Happy blogging :)