Subscribe:

Ads 468x60px

Mengenal Teknik SEO Link Wheel

Teknik SEO link wheel bisa dikatakaan sebagai teknik seo advanced. Sebenaarnya teknik seo link wheel ini adalah bagiaan dari teknik seo off page, yang membedakan dengaan backlink biasa atau backlink dengaan linkbaiting adalah optimasi keyword dengan membaangun link atau link building pada link wheel tersebut sehingga akan menguaatkan keyword utama yang ingin sobaat tembaak (perhatikan ilustrasi teknik seo link wheel pada gambar).
Teknik SEO link wheel adalah salaah satu teknik SEO advanced dengaan cara menghubungkan halaman – halaman website lain menuju website utaama melalui tautan dengan anchor text tertentu dengaan pola berbentuk seperti roda.


teknik seo link wheel

Membangun Link Wheel Dengan Web 2.0


Secara umum Web 2.0 merupakaan sistem yang memungkinkan terjadinya interaksi di antaara pemakainya. Bukan saja "dialog" antara visitor dengaan adminnya, tapi interaksi sesama tamu pun bisa terjadi. Bahkaan ada komunikasi antar website, antaara lain dengan adanya trackback, pingback, dsb. Contoh web 2.0 adalah Squidoo[dot]com, WordPress[dot]com, Blogger[dot]com, HubPages[dot]com, Weebly[dot]com, EzineArticles[dot]com. Jika masih kurang sobat juga bisa mencoba Quizilla[dot]com, Vox[dot]com, Ever[dot]com, Wetpaint[dot]com, Flickr[dot]com , Blogsome[dot]com, LiveJournal[dot]com, Friendster[dot]com, dan Gather[dot]com. So dengan membuat link wheel pada web 2.0 sangat disaraankan oleh master-master seo karena semakin memudaahkan kita untuk melakukan optimasi paada keyword utama.


Tipe atau Pola Teknik SEO Link Wheel



Link Wheel

Jika sobat sudah melihat ilustrasi gambar teknik seo link wheel diatas maka itu adalah salah satu contoh link wheel yaang sangat sederhana. Jika persaaingan keyword sangat kompetitif diperlukan sedikit kreatifitas untuk membuaat link wheel seperti gambar disamping. Menurut saya, semakin rumit wheel tersebut maaka semakin bagus hasilnya CMIIW.


Selain pola roda yang digunakan dalam teknik seo link wheel ini, sobat juga bisa menggunakan teknik seo link wheel dengaan pola piramid. Pola ini adalah salah satu pola modern link wheel. Perhatikan gaambar di bawah ini.

Teknik SEO Link Wheel 3 Level




Gambar teknik seo link wheel  



diatas adalah link wheel dengan 3 level dengaan pola piramid dimana akan berakhir di puncaak piramid yang mengaandung keyword utama. Merah sebagaai web atau blog utama yang ingin dioptimasi, biru adaalah blog dummy level 2, dan hijau adalaah blog dummy level 3. Pola ini seperti yang disebutkaan di forum adsense oleh mas Feby Saputra.


Jika persaingaan keyword atau kata kunci sangaat tinggi maka sobat bisa melaakukan penambahan wheel pada pola piramid tersebut sehingga akan terlihaat seperti gambar dibawah ini:


teknik seo link wheel 3 level advanced

Dari gambar diataas perbedaan dengan pola piramid sebelumnya adaalah tiap level memiliki wheel atau roda sendiri sehingga bisa menguatkaan keyword turunan dari keyword utaama sobat.

Teknik SEO Link Wheel Untuk Kontes SEO


Jika sobat sedaang mengikuti kontes SEO, sobat juga bisa menggunaakan teknik seo link wheel ini, berikut ini daftar portal blog yang lumaayan seo friendly untuk dijadikaan blog dummy level dengan teknik seo link wheel piramid

hxxp://blog.unnes.ac.id

hxxp://blogs.ukrida.ac.id

hxxp://blog.uin-malang.ac.id

hxxp://blogs.unpad.ac.id

hxxp://blog.umy.ac.id

hxxp://blog.unsri.ac.id

hxxp://blog.ub.ac.id

hxxp://community.gunadarma.ac.id

hxxp://blog.unand.ac.id

Kelemahan Teknik SEO Link Wheel


Kelemaahannya tentu saja sifatnya yang sangaat melelahkan. Selain itu untuk membuaat link wheel yang benar-benar bagus jangaan sampai ada link yang putus baik di level 2 maupun level 3.


Bagaimana? penasaaran? :D Saya ajah belum pernah nyoba ketika menulis ini :P semoga bermanfaat dan selamaat mencoba Teknik SEO Link Wheel ini :)