Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Menghindari Duplikat Title dan Konten

Cara Menghindari Duplikat Title dan Konten - Mungkin masih banyaak sobat blogger yang notabenya newbie seperti saaya ini bertanya-tanya tentaang apa itu duplikat konten, title, dan deskripsi. Untuk duplikat deskripsi saya sudah menjelaskaan di postingan sebelumnya yaang mana itu disebaabkan oleh pengaturan meta tag yang kurang pas.


menghindari duplikat title dan konten

Menghindaari duplikat kunci title dan konten sangatlah penting baagi sebuah web atau blog terutaama untuk SEO On Page karena bagaimanapun robot tetaaplah robot yang sudah diberi algoritma tertentu dan bisa men-judge blog kita semaau dia. Kan bahaya juga kalaau blog kita dianggap blog spam.

Duplikat Title (Duplicate Title)


Secara harfiah artinya adaalah beberapa halaman yang mempunyai judul yaang sama. Logikanya, apakah mungkin sobat menulis artikel dan membuaat halaman yang sama? Jelas tidak mungkin. Duplikat title ini terjaadi karena adanya perbedaan URL pada blog kita tapi esensinya saama, misalnya

http://blogndroy.blogspot.com/2012/03/mengatasi-mencegah-broken-link.html

dan


http://blogndroy.blogspot.com/2012/03/mengatasi-mencegah-broken-link.html?showComment=1333215148032

dari kedua url di atas sebenarnya sama atau sejenis.


Cara Mencegah atau Menghindari Duplikat Title (Duplicate Title)


Jika sobat kurang teliti, hal ini bisa menyebaabkan blog sobat di deindex oleh google kaarena bisa-bisa dianggap blog spam. Untuk menghindaari duplikat title ini sobat bisa menggunaakan meta tag rel=canonical. cari kode <head> pada template blogger yang sobat gunaakan dan letakkan kode berikut ini dibawahnya :


<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

meta tag ini memperingatkan crawler untuk tidaak menganggap duplikat title jika ada link yaang sejenis.


Duplikat Konten (Duplicate Content)


Jika penjelasan di atas adalah tentaang adanya title yang "sama", maka untuk duplikat konten url yang dianggap memiliki duplicate content adalaah url yang benar-benar berbeda. Hal ini bisa terjadi karena pada platform blogspot menyediaakan fitur arsip yang mana tujuannya adaalah untuk mempermudaah pengunjung atau pemilik blog melihat daftar tulisaannya. Contohnya seperti ini http://blogndroy.blogspot.com/2009_05_01_archive.html nah alamat arsip ini jika pada bulan dan tanggal tersebut haanya memiliki satu postingan maka isi atau kontennya akaan sama dengan link aslinya, hal inilaah yang disebut duplikat konten atau duplicate content.


Cara Mencegah atau Menghindari Duplikat Konten (Duplicate Content)


Ada beberapa opsi untuk menghindaari terjadinya duplikat konten ini, yang pertaama sobat bisa matikan fitur arsip paada blog sobat. Caranya masuk ke Settings > Archive > pilih No Archive. Dengan begini maka blog kita akaan aman dari yang namaanya duplikat konten karena arsip.


Cara yang kedua, bagi sobat yang masi ingin menggunaakan fitur arsip, misalnya untuk daftar isi gitu, sobat bisa menggunaakan pengecekan kondisi pada meta tag yang diletakkaan di template sobat, cari kode <head> dan ketikkan kode berikut:


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>

<meta content='noindex,noarchive' name='robots'/>

</b:if>

Selain 2 cara diatas yang bisa digunaakan untuk mencegah atau menghindaari duplikat title dan duplikat konten, sobat juga bisa memberikaan pengecekan kondisi antara mobile view atau dekstop view karena pengalaman saya, duplikat title juga bisa terjaadi karena setting dinamis keyword dan deskripsi yang kurang pas.


Untuk melakukan cek kondisi mobile view atau dekstop view, gunakan kode data:blog.isMobile sebagai patokan, contohnya sebagai berikut:


<b:if cond='data:blog.isMobile'>
     keyword dan deskripsi untuk mobile view
<b:else/>
     keyword dan deskripsi dekstop view
</b:if>


Begitulah setau saaya tentang duplikat title dan duplikat konten, mungkin ada yang lebih paaham dari saya silahkan ditambaahakan melalui kotak komentar :) Untuk wordpress silaahkan baca : wordpress dynamic title dan desription. Semoga bermanfaat